9 Jenis Bunga Melati dan Musimnya

Bunga Melati merupakan salah satu bunga yang indah dan memiliki musim tertentu. Bunga melatii juga memiliki musim yang bisa bertahan hidup, misalkan musim panas,musim semi dan lain sebagainya. Ada beberapa jenis bunga melati yang sering digunakan untuk keindahan rumah dan ruangan kantor.

Kumpulan Jenis dan beragam bunga melati


Karena itu bunga melati memiliki peran penting dalam kebutuhan dalam melengkapi keindahan rumah. Untuk lebih lanjut, kita akan membahas 9 jenis bunga melati dan miliki musimnya yang berbeda dengan bunga yang lain.

Jenis-jenis bunga melati dan musimnya

Kumpulan para ahli botani memperkirakan bunga melati ada sekitar 200 jenis. Begitu banyak jenis bunga melati tersebut, ada 9 bunga melati yang dibudidayakan oleh pencinta lingkungan dan ada 8 jenis bunga melati yang dapat dijadikan tanaman hias seperti di pekarangan rumah atau taman.

Masih sebagian besar bunga melati masih tumbuh di daerah liar yang belum dikujungi oleh manusia . Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis melati:

1. Jasminum elongatum (Bergius) Willd

Jebis bunga melati jasminum elongatum memiliki tinggi sekitar 1 sampai 7 cm. Bentuk daunnya sangat sederhana berbentuk oval danlebih tersusun dengan pasangan berlawanan pada sepanjang tiap  tangkai. Kelopak dalam satu tangkai bunga biasanya berjumlah 6-8 dan tabung mahkota bisa memiliki panjang hingga 3 cm. Habitat tumbuhnya dapat ditemukan pada semak belukar atau hutan campuran. Tanaman ini sangat suka dengan sinar matahari yang penuh.

2. Jasminum mensyi (Jasminum primulinum atau melati primrose)

Bunga Melati jasminum mensyi memiliki bentuk yang unik dan indah. Jenis ini biasanya dapat tumbuh tinggi hingga 3 meter dengan lebar sekitar 1-2 meter. Bunga ini memiliki ciri khas bunga berwarna kuning dan berbau wangi ketika musim panas dan musim semi.

3. Jasminum multiflorum

Bunga melati ini memiliki bentuk tidak beda jauh dengan nomor 2 hanya saja beda di warna. Bunga ini memiliki warna yang putih dan biasanya lebih cocok di daerah salju. Jenis bunga ini lebih dikenalkan sebagai melati berbulu lebat, melati musim dingin, melati India dan melati bintang. Bunga ini hidup didaerah tropis dan subtropis. Jenis bunga ini sering dibudidayakan karena bunganya memiliki wangi yang harum dan menarik.

4. Jasminum officinale atau melati casablanca (Spanish Jasmine)

Bunga melati jasminum officinale lebih sederhana dan miliki kelopak bunga sekitar 4-5. Untuk bunga ini berwarna putih dan memiliki keunikan tersendiri. Nama lain dari jenis ini juga dikenal sebagai sebutan melati putih, melati musim panas atau melati (saja). Sangat disukai oleh para tukang kebun di seluruh dunia karena ketika musim panas tiba, bunga ini mengeluarkan aroma harum yang kuat. Bunga melati jasminum ini, dijadikan bunga nasional negara Pakistan. Karena itu, bunga ini sangat banyak di negara tersebut.

5. Jasminum parkeri

Jenis ini biasanya tumbuh tinggi sekitar 1 kaki. Mempunyai batang kecil yang kusam dan ciri daun oval kecil. Warna bunganya kuning dan memiliki aroma wangi. Pada awalnya, jenis ini pertama dikumpulkan di Chamba, Himachal Pradesh, India pada tahun 1920 oleh Richard Neville Parker.

6. Jasminum revolutum

Bunga melati jasminum revolutum lebih cocok hidup di daerah dinding rumah,bahkan tempok yang memiliki suhu yang baik. Jenis ini berukuran sedang dengan daun yang terdiri dari selusin yang berbentuk oval dan bunganya berwarna kuning cerah berukuran 2.5 cm serta beraroma wangi. Terdapat 5-12 kelopak dalam 1 bunga pada awal musim panas dan akhir musim semi.

7. Jasminum rex

Jenis bunga melati jasminum rex ini memiliki ukuran tinggi yang kecil dan hidup di daerah tertentu. Tumbuhan ini lebih cocok untuk hiasan rumah atau ruangan tertentu. Berasal dari Thailand. Memiliki daun dengan ukuran yang lumayan besar. Biasanya muncul pada musim dingin dan musim gugur.

8. Jasminum sambac (L.)

Bunga melati ini, lebih dikenalan dengan sebutan “Puspa Bangsa“. Tak heran kalau bunga nasional Indonesia saja, bunga ini juga menjadi bunga nasional di Filipina. Jenis melati ini sering hidup dan tumbuh di daerahhalaman rumah, bisa juga dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Melati jenis ini dapat tumbuh tinggi dan berukuran hingga 2 meter.

9. Jasminum simplicifolium

Jenis ini biasanya dapat dengan mudah ditemukan di Australia. Dapat tumbuh tinggi hingga 2 meter jika sebagai semak. Bunga melati ini akan tumbuh dengan memanjat ke batang pohon lain, sehinga tingginya bisa sampai 10 meter. Rata-rata batang tanamannya tidak berambut.  Bentuk daun sekitar berukuran mulai dari 3-7 cm panjangnya, dan 1-4 cm lebarnya. Dan bunga ini memilki keindahan yang luar biasa.

0 Response to "9 Jenis Bunga Melati dan Musimnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel