Fenomena Kehidupan Katak Sebagai Hewan Amfibi

masbisor.com. Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki keunikan yang berbeda dengan makluk hidup yang lainnya. Kebanyakan hewan dibumi ini,hanya bisa bertahan hidup dengan kehidupan alam sekitarnya. Hewan tidak bisa menaman seperti kehidupan manusia. Untuk itu ada sebuah hewan yang memiliki kehidupan yang unik dan berbeda dengan makhluk lainnya yaitu hewan amfibi Katak. Hewan amfibi biasanya disebut sebagai hewan yang bisa bertahan hidup di dua alam seperti di darat dan di air.

Hewan amfibi Katak Hijau yang bertahan hidup


Katak merupakan salah satu hewan yang memiliki kecocokan dengan alam amfibi. Ada beberapa hewan bisa bertahan hidup di dalam dua alam seperti yang dilihat secara umum itu seperti Buaya, ular, biawak, dan jenis hewan lainya. Namun hewan seperti itu tidak disebut hewan amfibi karena mereka tidak memiliki tulang belakang seperti Katak. Ada beberapa hal yang akan di bahas di informasi ini seperti apa ciri-ciri tempat hidup Katak yang sering dihuni, dan kenapa kata bisa hidup di dua alam yang berbeda. Ada satu hal lagi yang sering ditanyakan seperti jelaskan mengapa amfibi dapat hidup di dua alam yang berbeda. Dan ini penjelasnya:

Ciri-ciri tempat hidup hewan Katak

  • Air merupakan tempat pertama untuk Katak bertahan hidup selama bertelur. Ciri air yang disukai Katak adalah air yang bersih atau kotor, air yang tenang dari kehidupan makhluk yang lainya, dan Air yang bisa membuat Katak berkembang biak.
  • Sungai biasanya juga tempat bertahan dan untuk berkembang biak oleh si Katak. Sungai seperti apa yang di sukai oleh Katak? tentunya sungai yang tenang dan jauh dari makluk buas lainnya yang dapat mengancam dari kehidupannya.
  • Rawa juga tempat yang dihuni oleh hewan Katak. Rawa yang bersih merupakan tempat yang sering digunakan oleh katak untuk betahan hidup dan berkembang biak.
  • Darat juga salah satu merupakan ciri-ciri tempat hewan Katak untuk bertahan hidup. Ketika ambifi hewan Katak dewasa, mereka lebih sukai hidup di daratan daripada air.


Jelaskan mengapa hewan amfibi dapat hidup dan bertahan di dua alam?

Secara umum hewan amfibi lebih dikenal sebagai hewan yang betulang belakang yang bisa bertahan di kondisi dua alam berbeda seperti darat dan air. Amfibi adalah hewan vertebrata yang bisa mengalami metamorfosis lengkap dari pada hewan lainnya. Amfibi juga dikenal hewan yang berdarah dingin. Berbeda dengan hewan lainnya yang memiliki tubuh yang panas dan hewan amfibi lebih bisa mengatur suhu tubuh mereka agar bisa bertahan di dalam air. Hewan amfibi juga miliki 3 jantung yang terdiri dari 3 ruang, 2 atrium, dan 1 venttrikel.

Untuk bisa bertahan hidup, hewan amfibi akan menutup tubuhnya dengan bersembunyi di antara dedaunan atau sejenisnya yang berwarna yang sesuai dengan tubuh mereka sehingga mangsa akan kesulitan dalam menemukan mereka. Hewan amfibi juga memiliki penglihatan warna dan sangat tajam yang bisa mendeteksi ke berada musuh yang dapat mengancam kehidupanya.

Kenapa Katak bisa hidup di dua Alam?

Jika dilihat dari pembahasan di atas tentunya hewan Katak bisa hidup di dalam dua alam berbeda. Ada beberapa alasan yang bisa membuktikan hewan Katak ini hidup di dua alam yaitu air dan darat.

  1. Karena katak memiliki dua sistem pernafasan yaitu paru-paru dan kulit. Paru-paru lebih efektif di daratan sedangkan kulit lebih efektif di air. Untuk itulah, katak bisa hidup di air maupun di darat.
  2. Karena katak memiliki dua alat pernapasan yang mendukungnya untuk hidup di dua alam. yaitu dengan kulit, untuk bernapas di dalam air. dan menggunakan paru-paru untuk bernapas di daratan.

0 Response to "Fenomena Kehidupan Katak Sebagai Hewan Amfibi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel