Contoh Masalah Pembelajaran Dalam Strategi Belajar dan Mengajar Di Sekolah

Contoh Masalah Pembelajaran Dalam Strategi Belajar dan Mengajar Di Sekolah- Pembelajaran merupakan salah satu bentuk untuk mengembangkan kemampuan siswa bahkan guru juga. Pembelajaran juga tidak lepas dari berbagai masalah, contoh masalah dalam strategi belajar dan mengajar di berbagai sekolah. Untuk bisa mengatasi masalah itu, tentu sangat di perlukan keaktifan seorang guru dalam membentuk proses belajar dan mengajar yang disukai para siswa sehingga dapat mengembangkan karakter siswa yang lebih baik dan bisa mewujudkan masa depan mereka.

Contoh Masalah Pembelajaran Dalam Strategi Belajar dan Mengajar Di Sekolah


Berikut Contoh Masalah Pembelajaran Dalam Strategi Belajar dan Mengajar

1. Model pembelajaran yang nge”trend” diterapkan dikelas adalah model kooperatif dengan berbagai tipe-nya. Persoalan timbul ketika tahapan pembelajaran memasuki “tahap diskusi”. Mula-mula siswa berpartisipasi aktif. Setelah beberapa saat aktivitas berubah “liar” todak fokus pada topik yang didiskusikan. Kelompok yang jauh dari posisi ramai membahas masalah di luar konteks materi ajar. Ketika satu kelompok presentasi didepan diskusi, kelompok lain tidak memperhatikan sajian hasil diskusi teman kelompok.
a). Apakah tanggapan kalian atas kasus tersebut?
b). Bagaimana situasi diskusi yang “baik”?
c). Tentukan strategimu untuk membuat diskusi yang menjadi baik-menarik dan memberikan manfaat?

Tanggapan dari saya :
a).Kasus diatas memang sering terjadi sehingga hasil dari pembelajaran tersebut tidak sesuai dengan harapan guru. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal itu terjadi : (1)siswa tidak menyukai pelajaran tersebut, (2)Strategi yang diajarkan sangat mononton, (3)guru sibuk pada diri sendiri tidak memperhatikan keadaan siswa saat diskusi.

b).Diskusi yang “baik” apabila peran seorang guru tersebut aktif dengan memperhatikan keadaan setiap kelompok diskusi sehingga ketika mereka mendapatkan kesulitan, mereka bisa bertanya secara langsung dengan guru.

c).Strategi sederhana saja, kita harus bisa mengubah pola diskusi dengan menarik, misalkan saja dengan melakukan post tes ketika semua selesai berdiskusi atau bisa saja dengan cara lain yang intinya tidak monoton sehingga nantinya siswa sangat bisa serius untuk berdiskusi dan setiap kelompok juga wajib bertanya.


2. Karakter menjadi fokus perbaikan masa jabatan menteri Na Diem. Sekarang sering terjadi kasus : siswa-siswa asyik dengan gadgetnya masing-masing ketiika guru sedang menyampaikan informasi pembelajaran.
a). Menurut kalian, karakter agar yang tumbuh berkembang pada kasus tersebut?
b). Karakter pada poin (a) diatas baik atau tidak?
c). Strategi pembelajaran apa yang harus kalian lakukan untuk mengubah karakter (a) menjadi (b) dalam pandanganmu?

Tanggapan saya :
a). Karakter yang bertumbuh berkembang pada kasus tersebut adalah tidak Disiplin, tidak Rasa ingin Tahu, tidak demokratis dan masih banyak yang lainnya

b). Tidak baik, karena mencermin bahwa siswa tersebut kurang displin dengan ketentuan yang berlaku disekolah.

c). Ada berapa hal sederhana untuk mengubah karakter siswa seperti kasus di atas misalkan : guru jadikan diri sebagai contoh teladan, jadilah guru yang tidak hanya sekedar mementingkan nilai akademis, tetapi juga mengapresiasi usaha murid, lebih dari sekedar mengajar, ajarkan juga nilai moral pada pelajaran, Mengajarkan sopan santun pada semua siswa.

2 contoh tersebut merupakan masalah yang sering terjadi di sekolah manapun. Oleh karena itu peran aktif seorang untuk mengatasi masalah itu sangat penting sekali. Jika seorang guru tidak memahami siswa, timbullah masalah seperti diatas.

1 Response to "Contoh Masalah Pembelajaran Dalam Strategi Belajar dan Mengajar Di Sekolah"

  1. Menurutku dalam lingkungan belajar di harapkan memahami sifat dr anak didik masing masing btw thnks infonya gan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel